WORKSHOP PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DOSEN PEMULA

Acara workshop dibuka oleh Ketua LPPM Bapak Heri Kiswanto, M.Sc, selanjutnya disampaikan beberapa patah kata oleh wakil dekan Bapak M. Al’ Amin, M.Kom. dari pihak kampus Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan.

Selanjutnya di sambut oleh Wakil Rektor UNISNU Bapak Dr. H. Akhirin, M.Ag. Wakil rektor UNISNU Berharap kegiatan workshop ini akan memajukan institusi ini.

Kegiatan yang dilaksanakan berjudul “Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Dosen Pemula (PDP)” dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Sya’ban 1442 H / 16 Maret 2021 M dimulai pukul 09.00 WIB – Selesai di ruang Aula gedung rektorat Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan.

Kegiatan ini diisi oleh narasumber dari pihak UNISNU yaitu Bapak Mochammad Qomaruddin, ST., MT. yang menjadi reviewer dari pihak UNISNU. Dilanjutkan dengan penandatanganan MOA antar ITS NU Pekalongan dengan UNISNU.

Tujuan dari kegiatan workshop ini adalah Untuk membina dan meningkatkan kemampuan meneliti dosen pemula; Menjadi sarana latihan dosen pemula untuk mempublikasikan penelitiannya dalam
jurnal ilmiah baik nasional atau prosiding seminar Internasional.

Kegiatan penelitian merupakan salah satu kegiatan dari Tridharma Perguruan Tinggi yang menjadi salah satu barometer kinerja Perguruan Tinggi, dan sekaligus merupakan bagian dari penilaian kinerja Perguruan Tinggi dalam proses BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Namun demikian, kegiatan penelitian ini seringkali menjadi kegiatan yang kurang mendapatkan perhatian yang memadai karena berbagai alasasn dan kondisi yang dihadapi Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
Pelaksanaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat harus mengacu pada standar penjaminan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan. Program Penelitian Dosen Pemula (PDP) dimaksudkan sebagai kegiatan penelitian dalam rangka membina dan mengarahkan para peneliti pemula untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan
penelitian dan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional. Sejalan dengan kebijakan desentralisasi penelitian oleh Ditjen Penguatan Risbang, PDP merupakan salah satu skema penelitian yang diperuntukkan bagi dosen tetap di lingkungan ITS NU Pekalongan.