Dosen ITS NU Pekalongan Peraih Best Poster pada Seminar Nasional Teknologi Bahan dan Barang Teknik yang dilaksanakan oleh B4T Bekerjasama dengan Kementrian Perindustrian

Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) merupakan salah satu lembaga penelitian dan pengembangan di bawah naungan Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI), Kementerian Perindustrian. B4T mempunyai tugas pokok dan fungsi melakukan kegiatan penelitian, pengembangan dan perekayasaan (litbangyasa) serta memberikan layanan jasa teknis. Dalam melakukan kegiatan litbangyasa, B4T memiliki kompetensi inti yang mengacu pada RPJMN, Prioritas Riset Nasional, Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) serta peta jalan Making Indonesia 4.0. Kompetensi inti B4T adalah Rekayasa Material Fungsional dan Diversifikasi Energi yang mampu menjawab tantangan di era Industri 4.0.

Selama kurun 5 tahun, B4T telah melakukan kegiatan penelitian dan perekayasa material fungsional dan diversifikasi energi diantaranya mengenai teknologi pembuatan baterai ion litium, sel surya, dan lain-lain. Sedangkan, di bidang Industri 4.0, B4T diantaranya telah melakukan digitalisasi layanan berupa pengembangan Smart Dashboard, equipment monitoring dan energy monitoring. Kegiatan litbangyasa yang terkait dengan hal tersebut masih membutuhkan pengembangan dan inovasi, untuk itu perlu diperlukan suatu jejaring yang dapat membuka wawasan para peneliti dan perekayasa di lingkungan B4T sehingga didapat suatu hasil penelitian yang dapat mengembangkan industri di Indonesia, termasuk di dalamnya kebijakan yang menunjang kegiatan litbangyasa.

Kegiatan litbangyasa mengenai rekayasa material fungsional dan diversifikasi energi yang mendukung Industri 4.0 sudah banyak dilakukan oleh lembaga litbang baik di lingkungan Kementerian Perindustrian maupun Kementerian/Lembaga lain, akademisi maupun industri. Untuk itu diperlukan sarana sebagai ajang untuk berbagi hasil kegiatan tersebut, sehingga tidak terjadi duplikasi ataupun pengulangan penelitian. Sehingga diharapkan didapat hasil-hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh para stakeholder. Untuk itu, B4T akan menyelenggarakan Seminar Nasional Teknologi Bahan dan Barang Teknik dengan tema Teknologi Penyimpan Energi Untuk Mendukung Pembangunan Industri Kendaraan Listrik Nasional. Selain sebagai ajang untuk knowledge sharing, kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai wadah para peneliti dan perekayasa untuk mempublikasikan hasil penelitian tersebut. Dimana, makalah-makalah yang terpilih melalui tim editorial board akan dirangkum dalam suatu Prosiding Seminar. Seminar ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi dunia penelitian, menambah pengetahuan, dan dapat mempertemukan para peneliti dan pelaku industri sehingga terjalin kerja sama antara peneliti dan pelaku industri dan stakeholder lainnya. Dengan adanya kerjasama maka diharapkan dapat berdampak yang baik bagi dunia industri Indonesia, dan berkembangnya teknologi hasil karya peneliti di Indonesia.

Sertifikat Dosen ITS NU Pekalongan Peraih Best Poster yang diadakan B4T

Referensi: http://seminar.b4t.go.id/tbbt2020/best